Kenali Mekanisme dan Cara Aman Investasi Reksadana Syariah

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on tumblr
Mengetahui mekanisme Reksadana Syariah, hukum, keuntungan serta produknya. Cara aman untuk investasi berdasarkan prinsip syariah yang halal dan bebas riba.

Deskripsi: Mengetahui mekanisme Reksadana Syariah, hukum, keuntungan serta produknya. Cara aman untuk investasi berdasarkan prinsip syariah yang halal dan bebas riba.

===========

Reksadana syariah adalah tempat menyimpan, mengelola, dan menginvestasikan dana pada pasar modal syariah. Di mana sistem pengelolaan dananya akan berbeda dengan konvensional.

Bagaimana Reksadana Syariah mengelola dana dan apa yang membuatnya beda dengan non-syariah?

Mekanisme Reksadana Syariah

Hukum Reksadana Syariah menyesuaikan dengan segala ketentuan yang telah ditetapkan dalam Islam. Dalam operasionalnya, prinsip syariah yang digunakan yakni prinsip mudharabah dan menerapkan akad wakalah.

Pada prinsip ini, kerugian akan ditanggung oleh pemilik dana dan pengelola dana atau Manajer Investor. Sementara keuntungan akan dibagi berdasarkan ketentuan yang telah disepakati.

Keuntungan yang didapatkan tentu juga harus memenuhi kriteria syariah. Untuk ini Reksadana membentuk sebuah proses cleansing, yaitu pembersihan pendapatan non halal atau tidak sesuai syariat islam.

Nantinya semua pendapatan yang dihasilkan akan disesuaikan dengan Daftar Efek Syariah. Jadi, jika ada saham di portofolio Reksadana Syariah yang tidak terdaftar maka akan dikeluarkan.

Pembersihan unsur non-halal akan membebaskan riba dari setiap keuntungan Reksadana Syariah yang didapatkan. Jaminan halal berlaku pada ragam produknya yang potensial seiring dengan perkembangan pasar uang syariah.

Daftar Jenis Reksadana Syariah Terbaik

Inilah jenis Reksadana Syariah terbaik yang bisa Anda pertimbangkan untuk berinvestasi secara halal:

  • Reksadana Syariah Saham
  • Reksadana Syariah Obligasi
  • Reksadana Syariah Pasar uang

Apapun produk Reksadana Syariah yang Anda pilih, pastikan sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Indonesia. Terlebih lagi, pilihlah Manajer Investasi yang benar-benar menerapkan prinsip syariah dalam pengelolaan dananya.

Cara Berinvestasi di Reksadana Syariah

Ketika memutuskan untuk berinvestasi, tentukan tujuan investasi dan sesuaikan dengan jenis investasi yang dipilih. Jangan lupa juga tentukan jumlah modal dan jangka waktu investasi lalu baca prospektus penawarannya.

Baca dengan baik sebelum mengisi formulir pembelian Reksadana Syariah dan profil investasi nasabah. Setelah itu Anda bisa melakukan pembayaran sesuai ketentuan dan berhak atas bagi hasil investasi.

Investasi di Reksadana Syariah menjadi lebih mudah melalui platform jual beli Reksadana secara online. Tidak hanya aman dan mudah, karena Anda juga bisa menghemat waktu dan tenaga.