Akunting Adalah Ujung Tombak Sebuah Perusahaan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on tumblr
Akunting adalah salah satu ujung tombak yang menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Inilah mengapa perusahaan biasanya menempatkannya pada skala prioritas.

Akunting merupakan salah satu ujung tombak yang menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Besarnya peranan akunting membuat perusahaan biasanya akan menempatkannya pada skala prioritas tertinggi. Dalam konteks ini, akunting adalah sebuah bidang pekerjaan yang diminati banyak orang.

Pengertian Akunting

Selain dipahami sebagai sebuah bidang pekerjaan, akunting adalah sebuah proses dalam mengolah data dan melakukan analisa sehingga dapat menjadi sebuah laporan keuangan.

Kegiatan semacam ini mulai dilakukan sejak 1494 di Italia. Tujuannya tentu saja untuk perkembangan industri yang berlangsung saat itu.

Pada masa kini, ilmu akuntansi telah berkembang dengan sangat pesat.

Oleh karena itu untuk menjadi seorang akuntan, Anda perlu terlebih dahulu lulus dari jurusan senada pada sebuah perguruan tinggi.

Tugas Accounting Officer

Anda pasti penasaran sebenarnya apa yang dikerjakan seorang accounting. Tugas accounting officer dalam sebuah perusahaan sangatlah rumit.

Mereka harus mempersiapkan banyak laporan yang berkaitan langsung dengan kondisi finansial perusahaan.

Menghitung pajak, mengawasi aset dan investasi serta membayarkan kredit termasuk dalam rentetan tugas seorang akuntan.

Tak hanya itu, pada setiap periode mereka juga harus membuat laporan finansial serta laporan laba-rugi. Inilah yang menyebabkan gaji accounting staff sangatlah tinggi.

Seorang akuntan harus terjun langsung untuk membuat tabulasi data atas sekian banyak transaksi perusahaan pada setiap harinya.

Semua penjualan, pendapatan pembelian haruslah dilakukan atas persetujuan bagian accounting terlebih dahulu.

Jadi, kesehatan finansial perusahaan menjadi tanggung jawab bagian ini.

Cara kerja Akunting

Ada banyak sekali data yang harus diolah oleh pihak akunting. Data ini kemudian akan melewati proses penghitungan dengan menggunakan persamaan akunting. Laporannya akan menjadi dasar asesmen kesehatan finansial perusahaan.

Persamaan akuntasi akan menjadi dasar untuk mengolah 3 data penting dalam sebuah perusahaan. Ketiganya meliputi harta, kewajiban perusahaan serta owner’s equity. Setelah ketiganya digabungkan menjadi satu maka laporan keuangan perusahaan dapat dibuat.

Bagaimana? Apa penjelasan di atas membantu Anda?

Jika disimpulkan, akunting adalah sebuah proses berkesinambungan yang seharusnya menempati prioritas utama sebuah perusahaan. Oleh karena itu, Anda harus mempelajarinya demi mensukseskan bisnis sendiri.