3 Lembaga Keuangan Internasional Tingkat Asia dan Dunia

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on tumblr
lembaga keuangan internasional didirikan dengan tujuan untuk menstabilkan perekonomian dunia. Ada 3 lembaga yang sangat berperan yaitu IMF, WB, dan ADB.

Lembaga keuangan internasional didirikan dengan tujuan untuk membantu meningkatkan perekonomian dunia terutama negara berkembang. Dengan adanya lembaga ini negara berkembang bisa semakin meningkatkan taraf hidupnya.

Ada dua lembaga internasional yang didirikan untuk mengurusi bidang keuangan dunia yaitu IMF dan WB atau world bank. Di tingkat Asia juga terdapat lembaga keuangan yaitu ADB atau lebih dikenal sebagai Bank Pembangunan Asia.

Mengenal Tugas dan Peran Lembaga Keuangan Internasional Asia dan Dunia

Salah satu tugas dari lembaga keuangan tingkat internasional adalah mengatur pasar keuangan internasional agar tetap stabil. Peranan setiap lembaga ini sangat besar dalam pembangunan negara-negara dunia. Berikut ini akan dijelaskan mengenai fungsi dari setiap lembaga keuangan tingkat internasional ini.

  1. IMF

IMF atau International Monetary of Fund adalah lembaga keuangan yang didirikan oleh PBB dengan tujuan mengurus moneter internasional. Tujuan utama dari IMF adalah untuk membangun kerjasama moneter antar negara di dunia.

IMF juga bertugas untuk menstabilkan kurs mata uang dunia dan menurunkan restriksi dari kurs. Lembaga keuangan ini juga bertugas untuk membantu ekonomi negara anggota PBB agar tumbuh dan berkembang. Bantuan ini diberikan kepada negara berupa proyek-proyek pembangunan produktif.

  1. World Bank

PBB juga mendirikan World Bank atau Bank Dunia bersamaan dengan IMF. Jika IMF fokus dengan moneter internasional maka World Bank fokus dengan pembangunan ekonomi dunia.

Tujuan awal didirikannya lembaga ini adalah untuk memberikan kredit ke negara anggota. Kredit yang diberikan ini nantinya harus digunakan untuk proyek produktif di negara tersebut.

Sumber keuangan internasional WB berasal dari para anggotanya sendiri dan juga dari swasta. Modal dari WB ini dibebankan kepada para anggotanya sesuai dengan kekuatan ekonomi masing-masing negara anggota.

  1. ADB atau Bank Pembangunan Asia

Di tingkat Asia juga terdapat lembaga keuangan yaitu ADB atau Asian Development Bank atau Bank Pembangunan Asia. Lembaga ini didirikan pada tahun 1966 dengan tujuan meningkatkan perekonomian di Asia.

Tugas utama dari ADB adalah untuk memberikan support keuangan berupa investasi kepada negara di Asia. ADB juga bertugas untuk meningkatkan perdagangan internasional di Asia.

Lembaga-lembaga keuangan ini mempunyai tugas untuk memanajemen keuangan internasional guna meningkatkan perekonomian dunia. Dengan adanya lembaga keuangan internasional ini perekonomian dunia bisa semakin stabil dan sehat untuk semua negara.