Peranan Lembaga Keuangan Dalam Perekonomian Masyarakat

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on tumblr
Jalannya ekonomi dalam sebuah negara tentu saja tidak akan lengkap tanpa peranan lembaga keuangan. Terlebih lagi dalam pengelolaan aktivitas perekonomian.
image 34

Sumber gambar: https://mlj48fgeaxn7.i.optimole.com/EaMr_LY.tT-E~1b2ea/w:auto/h:auto/q:90/https://i0.wp.com/www.maxmanroe.com/vid/wp-content/uploads/2018/08/Lembaga-Keuangan-Bank-1.jpg?resize=640%2C355&ssl=1

Jalannya ekonomi dalam sebuah negara tentu saja tidak akan lengkap tanpa peranan lembaga keuangan. Terlebih lagi, pengelolaan aktivitas perekonomian memang membutuhkan bentuk organisasi yang terstruktur dengan baik. Dengan adanya lembaga pengatur keuangan, hal ini dapat tercapai dengan mudah.

Fungsi lembaga keuangan adalah sebaik-baiknya untuk melindungi kepentingan masyarakat. Baik lembaga perbankan maupun non perbankan memiliki tujuan utama mengatur aktivitas ekonomi rakyat. Lewat kedua organisasi ini, investasi dan pembagian modal kerja dapat termobilisasi dengan baik.

Selain berkaitan langsung dengan urusan investasi, sebuah lembaga keuangan memiliki berbagai peranan penting. Ini adalah beberapa di antaranya.

  1. Mengatur peralihan aset

Peralihan aset adalah sebuah kegiatan pemindahan aset dari investor kepada peminjam. Dalam hal ini, peranan lembaga keuangan sebagai perantara keuangan antara pemodal dan peminjam harus berjalan dengan hati-hati. Oleh karena itu, pihak bank pasti membuat kontrak khusus dengan pihak peminjam.

  1. Pencairan dana

Pencairan dana atau likuiditas adalah sebuah usaha pemberian pinjaman dana untuk menanggulangi kebutuhan modal usaha masyarakat. Lembaga keuangan seperti bank memang memiliki peranan penting dalam hal ini. Baik usaha level kecil, menengah maupun besar tak akan lepas dari kredit keuangan.

  1. Menyimpan tabungan masyarakat

Masyarakat yang menginginkan jaminan masa depan pasti akan membutuhkan layanan penyimpanan uang seperti tabungan. Lembaga keuangan memiliki peranan yang sangat krusial dalam hal ini. Mereka dapat membantu masyarakat menabung dalam berbagai macam bentuk termasuk uang maupun saham.

  1. Memudahkan proses transaksi keuangan

Proses transaksi keuangan kerap membutuhkan pengawasan tersendiri. Inilah yang akhirnya menjadi peranan lembaga keuangan yang sangat primer. Segala bentuk transaksi perbankan dapat kita lakukan melalui bank maupun lembaga keuangan bukan bank.

Jenis-jenis Lembaga Keuangan

Lembaga keuangan sendiri terbagi menjadi dua menurut jenisnya yaitu Bank dan lembaga keuangan non bank.

  1. Bank

Bank terbagi lagi menjadi dua jenis yaitu bank umum dan bank sentral. Bank umum berfungsi melayani masyarakat secara umum sedangkan bank sentral merupakan lembaga keuangan pusat pada sebuah negara. Jadi, setiap negara biasanya hanya memiliki satu bank sentral saja.

  1. Lembaga keuangan non bank

Selain bank, peran lembaga keuangan bukan bank juga sangat penting bagi kelangsungan sebuah negara. Koperasi, pegadaian, dan lembaga asuransi merupakan beberapa contohnya. Peranan lembaga keuangan ini utamanya adalah bagi masyarakat yang membutuhkan pembiayaan.

Inilah peranan lembaga keuangan serta jenis-jenisnya. Semoga artikel ini dapat membantu memberikan informasi yang tepat berkaitan dengan lembaga keuangan dalam perekonomian masyarakat.