Peran dan Tanggung Jawab Pekerjaan Finance di Perusahaan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on tumblr
Peran dan tanggung jawab pekerjaan finance sangat besar. Mereka perlu memiliki skill tinggi baik dalam melakukan transaksi atau membuat laporan keuangan.

Pekerjaan finance memiliki peran dan tanggung jawab yang besar pada suatu perusahaan. Kemampuan dalam mengatur keuangan yang baik berpengaruh pada kemajuan perusahaan itu sendiri.

Secara deskripsi pekerjaan Finance Accounting antara perusahaan satu dengan lainnya berbeda. Tapi, pada umumnya mereka bertugas mencatat segala transaksi, mengatur uang masuk dan

Peran dan Tanggung Jawab Pekerjaan Finance

Berbicara mengenai peran dan tanggung jawabnya memang sangat berat. Selain, harus cerdas juga harus memiliki tingkat ketelitian yang tinggi. Nah, langsung saja berikutperan dan tanggung jawab serta tugas pekerjaan finance:

 Mengatur Keuangan Perusahaan

Seseorang yang bekerja dibagian keuangan tugas utamanya adalah mengatur keuangan perusahaan. Segala jenis pengeluaran dan pemasukan semua diatur oleh bagian keuangan.

Input Segala Transaksi ke Program

Era sekarang semua sudah menggunakan komputer. Ada program khusus untuk pekerjaan di bidang finance ini. Maka skill tambahan yang harus dimiliki bagi yang ingin bekerja di bagian keuangan harus bisa mengoperasikan komputer dengan baik.

Adanya program khusus untuk pencatatan transaksi keuangan ini sebenarnya memudahkan pekerjaan manusia dan hasilnya lebih akurat dan cepat. Anda tidak perlu menghitung secara manual karena semuanya serba otomatis.

Melakukan Transaksi Keuangan

Transaksi keuangan perusahaan yang menjadi tugas finance accounting itu bermacam-macam mulai dari pengeluaran dan pemasukan, penjualan dan pemasukan. Nah, semua transaksi harus dilakukan dengan baik bahkan harus didukung dengan kuitansi atau slip pembayaran setiap terjadi transaksi.

Berhubungan Dengan Pihak Internal Maupun Eksternal

Hubungan dengan pihak internal dan eksternal disini maksudnya adalah ketika ada meeting project yang membahas tentang keuangan maka Anda wajib mengikutinya. Hal ini karena Anda lah yang tahu keadaan sebenarnya tentang kondisi keuangan perusahaan.

Pemimpin perusahaan juga tidak harus mengulang dua kali hasil rapat tentang apa saja yang nantinya harus ditransaksikan. Waktu Anda jadi lebih efisien untuk mengatur dan mengelola segala kemungkinan transaksi dari pihak internal atau eksternal.

Membuat laporan

Terakhir adalah membuat laporan. Laporan ini ada bermacam-macam dan Anda sebagai seseorang yang memiliki tanggung jawab di bagian keuangan wajib melaporkan transaksi keuangan. Contoh laporan adalah laporan laba rugi, laporan uang masuk dan keluar, laporan kas dan lainnya.

Nah, sekarang tahu kan peran dan tanggung jawab pekerjaan finance pada suatu perusahaan memang berat. Wajar jika gaji untuk bagian ini besar. Di Singapura untuk pekerjaan finance banker bisa mencapai Rp1,4 miliar hingga Rp3,5 miliar per tahun.