Inilah Profil Suahasil Nazara, Wamenkeu Indonesia 2019-2024

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on tumblr
Sejak diangkat menjadi Wamenkeu Indonesia, Suahasil Nazara telah secara aktif mendukung menteri keuangan dalam berbagai kebijakan. Seperti apa profilnya?

Nama Wamenkeu Indonesia periode 2019-2024 adalah Suahasil Nazara. Diangkat pada tanggal 25 Oktober 2019, Suahasil menggantikan posisi Mardiasmo yang telah mengabdi selama 19 tahun.

Diresmikannya wakil menteri keuangan Suahasil Nazara membawa angin segar untuk perekonomian Indonesia yang lebih baik. Kali ini, saya mengajak Anda mengenal profil sang Wamenkeu.

Riwayat Pendidikan Wamenkeu Suahasil Nazara

Pria yang lahir di Jakarta pada tanggal 23 November 1970 ini memiliki tingkat pendidikan yang tinggi.

Pada strata satu, Suahasil Nazara mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi melalui Universitas Indonesia. Setelah menjadi sarjana Ekonomi di tahun 2004, Suahasil mengambil gelar masternya di tahun 1997. Ia berhasil lulus dari Cornell University USA dengan gelar Master of Science.

Pada jenjang strata tiga, ia mengambilnya di University of Illinois pada tahun 2003.

Sebenarnya, sejak tahun 1999 ia telah diangkat menjadi seorang dosen PNS. Ia kala itu mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Hingga akhirnya pada tahun 2009, ia berhasil menjadi seorang guru besar.

Karir dan Pengabdian Dalam Kebijakan Keuangan

Selama mengabdi menjadi dosen, ia konsisten berkontribusi besar dengan menjadi ketua dari berbagai program.

Pada tahun 2015, tepatnya tanggal 6 Februari, ia menjabat menjadi Pelaksana Tugas Kepala Badan Kebijakan Fiskal. Suahasil naik jabatan menjadi Kepala Badan Kebijakan Fiskal pada tahun berikutnya.

Puncak karirnya adalah menjadi wakil menteri keuangan pada tahun 2019 lalu. ia ditunjuk langsung oleh Presiden Joko Widodo untuk ikut berkontribusi dalam kabinet Indonesia Maju. Dengan ini, ia resmi menggantikan Mardiasmo yang menjabat pada periode sebelumnya.

Sementara itu, posisinya sebagai kepala BKF digantikan oleh Febrio Nathan Kacaribu. Pelantikannya dilakukan pada bulan April tahun 2020.

Pada masa pandemi 2020, Wamenkeu Suahasil Nazara berkomitmen untuk membuat kebijakan terbaik. Tidak hanya untuk sektor perekonomian yang ada kaitannya dengan kesehatan, tapi juga pariwisata dan bidang-bidang lainnya.