Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Secara Baik dan Benar

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on tumblr
Anda selalu menghadapi masalah keuangan di akhir bulan? Pasti ada yang salah dengan cara mengatur keuangan rumah tangga. Saya ingin berbagi tips buat Anda.

Mengatur keuangan rumah tangga itu gampang-gampang susah. Nyatanya, tidak sedikit keluarga yang selalu menghadapi masalah keuangan setiap akhir bulan lantaran kurang paham cara mengatur keuangan rumah tangga secara benar.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

image 8

Berikut beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga yang bisa Anda terapkan.

  • Hitung Seluruh Penghasilan

Menghitung seluruh penghasilan menjadi cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros. Umumnya penghasilan keluarga diperoleh dari gaji bulanan atau penghasilan tambahan lainnya.

Anda harus tahu berapa penghasilan per bulan. Tujuannya agar Anda bisa mengalokasikan dana secara tepat untuk setiap kebutuhan, baik kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder.

  • Menyusun Rencana Pengeluaran Prioritas

Sebesar apapun penghasilan yang Anda peroleh, Anda harus tetap menyusun rencana pengeluaran berdasarkan skala prioritas. Gunakan dana keluarga dengan bijak untuk kebutuhan yang lebih penting.

Beberapa kebutuhan prioritas keluarga, misalnya untuk pengeluaran kebutuhan pokok seperti makan/minum, transportasi, angsuran pinjaman, dan biaya rutin lainnya.

  • Sisihkan Penghasilan Untuk Tabungan dan Investasi

Ada baiknya Anda mulai rajin menabung dengan menyisihkan sebagian penghasilan untuk tabungan keluarga. Banyak manfaat dari tabungan itu, misalnya digunakan untuk keperluan mendesak dan keperluan tak terduga lainnya.

Selain menabung, Anda bisa menyisihkan dana untuk investasi kecil-kecilan dengan risiko rendah. Yang banyak dilakukan orang adalah investasi emas, karena resikonya kecil tapi memberikan keuntungan yang besar.

  • Siapkan Dana Cadangan

Dana cadangan berfungsi juga sebagai dana darurat untuk mengatasi segala keperluan yang sifatnya sangat mendesak. Anda bisa menyisihkan sebagian pendapatannya untuk dana ini.

Namun, karena dana ini sifatnya darurat maka tidak boleh dipergunakan kecuali untuk hal-hal yang sangat mendesak.  Anda harus punya komitmen untuk tidak menyentuh dana “panas” itu.

  • Belanjalah Sesuai Kebutuhan Bukan Keinginan

Perilaku konsumtif memang boleh dibilang sudah “mewabah” di kalangan konsumen Indonesia. Mereka kerap belanja suatu barang tidak sesuai kebutuhan melainkan hanya menuruti keinginan.

Salah satu tips jitu cara mengatur keuangan rumah tangga dan usaha adalah dengan “berpuasa” belanja barang-barang yang sifatnya tersier atau barang-barang mewah. Hindari membelanjakan uang karena hanya keinginan sesaat.

Cara mengatur keuangan rumah tangga secara benar akan membuat keluarga Anda terhindar dari rasa was-was uang belanja habis sebelum akhir bulan.