Daftar Negatif Investasi Yang Wajib Anda Tahu

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on tumblr
Bagi yang ingin melakukan investasi harus mengerti istilah daftar negatif investasi, berikut akan kami uraikan penjelasannya.

Deskripsi : Bagi yang ingin melakukan investasi harus mengerti istilah daftar negatif investasi, berikut akan kami uraikan penjelasannya.

Daftar negatif investasi atau disingkat sebagai DNI adalah produk hukum yang berguna untuk kepentingan para investor. Dengan DNI para pemodal akan tahu bidang usaha apa saja yang ada di dalam satu negara.

Selain itu, DNI juga berisi peraturan yang mengatur penanaman modal sehingga para pemodal bisa dengan tenang melakukan investasinya.

Peraturan ini dikeluarkan oleh peraturan pemerintah No. 44 Tahun 2016. Dalam peraturan ini dijelaskan tentang apa itu penanaman modal, daftar bidang usaha tertutup dan terbuka. Disertai dengan persyaratannya.

Intinya semua orang yang ingin melakukan investasi di Indonesia, baik itu warga negara atau warga negara asing. Mereka harus paham tentang DNI tersebut, agar proses investasinya tidak mengalami kesulitan.

Daftar negatif investasi

Pada september lalu, pemerintah telah merevisi beberapa daftar negatif investasi, dari yang sebelumnya sekitar 20 sektor negatif untuk investasi kini berubah menjadi 6 sektor negatif.

Kebijakan pemerintah ini adalah untuk memajukan investasi negara Indonesia. Berikut akan kami jelaskan beberapa dari daftar negatif untuk investasi.

  1. Budidaya ganja

JIka anda ingin melakukan budidaya ganja, serta mau mengeluarkan uang banyak untuk mensukseskan usaha budidaya tersebut maka lebih baik tidak melakukannya di Indonesia.

Di Indonesia ganja adalah salah satu tanaman terlarang, walau ada isu ganja akan bebas diperjualbelikan untuk kepentingan dunia kedokteran. Tapi sebelum isu tersebut benar-benar menjadi ketentuan lebih baik tidak melakukan investasi budidaya ganja.

  1. Perjudian

Sama seperti ganja, perjudian adalah hal yang terlarang di negara Indonesia. Walau mungkin akan sangat menguntungkan tapi jangan melakukan usaha-usaha investasi dalam bidang perjudian.

Selain dua sektor tadi masih ada beberapa sektor yang dilarang oleh pemerintah, yang disebut sebagai daftar bidang usaha tertutup. Yakni Penangkapan daftar spesies dalam daftar CITES, Pengambilan carol dari alam, industri bahan kimia daftar -1 konvensi senjata kimia, Industri chlor alkali dengan proses merkuri.

Tentu akan menjadi sangat penting untuk para pemodal memperhatikan bidang usaha apa saja yang tidak boleh didirikan. Dengan begitu maka usaha yang anda kembangkan akan berkembang pesat karena tidak masuk dalam Daftar negatif investasi.