5 Strategi Mengelola Investasi Jangka Panjang Biar Untung

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on tumblr
Investasi jangka panjang perlu dilakukan, jika ingin kondisi keuangan tetap aman di masa krisis. Terapkan lima strategi mengelolanya agar bisa bertahan lama.

Deskripsi: Investasi jangka panjang perlu dilakukan, jika ingin kondisi keuangan tetap aman di masa krisis. Terapkan lima strategi mengelolanya agar bisa bertahan lama.

Tahukah Anda kalau tidak semua orang yang memutuskan melakukan investasi jangka panjang, berhasil mendapatkan keuntungan sesuai harapan.

Salah satu alasannya karena pengelolaan yang kurang tepat, berakibat pada menurunnya harga jual di saat Anda membutuhkan dana segar.

Dari Pasang Target Hingga  Adaptasi Perubahan

Sangat mudah sebenarnya, jika ingin berinvestasi sebab saat ini sudah semakin banyak pilihan investasi jangka panjang terbaik yang bisa dipilih.

Tapi, memang beda produk beda pula pengelolaannya. Sebaiknya, lakukan lima strategi berikut ini agar pengelolaannya tepat.

  1. Apa Target Investasi Anda

Dalam mengelola sebuah produk investasi, Anda perlu paham sejak awal tentang target yang ingin dicapai dari investasi tersebut. Misalnya, Anda pilih investasi tanah dengan target saat dijual beberapa tahun ke depan harganya lebih mahal dan bisa dijadikan modal pengembangan bisnis saat ini.

  1. Perluas Wawasan Investasi

Jangan merasa puas setelah punya barang investasi, teruslah belajar tentang investasi. Jadi, ibarat istilah learning by doing Anda bisa mengemas pengelolaan dengan cara yang selalu update dengan kondisi kekinian.

Contohnya dalam investasi saham, perlu wawasan yang luas tentang kapan harus membeli atau menjual saham yang dimiliki. Anda perlu mempertajam intuisi dan berdiskusi dengan orang-orang pintar di bidang investasi saham.

  1. Sabar, Teliti, dan Hati-hati

Investor yang berhasil itu punya banyak stok sabar ketika terjadi masalah pada produk investasinya. Misalnya ketika pilihan investasi jangka panjang adalah  emas, ternyata harga emas turun dan membuat Anda rugi.Tetaplah sabar dan putar otak mencari solusi agar kerugian tidak terlalu signifikan.

Ketelitian maksudnya adalah saat melakukan konversi investasi atau mengurangi modal investasi yang sudah ada. Ditambah dengan kehati-hatian ketika harus bekerjasama dengan pihak lain, saat mengelola sebuah investasi.

  1. Kuatkan Mental

Pastikan mental kuat saat mengelola investasi jangka panjang contohnya, ketika ada komplain pada produk investasi properti Anda. alhasil calon pembeli jadi mengurungkan niatnya, jangan sampai terpuruk karena hal itu.

  1. Adaptasi Pada Perubahan

Perubahan apapun didunia investasi tidak boleh luput dari pantauan Anda. Misalnya ada regulasi baru tentang investasi properti yang Anda pilih atau biaya perawatan properti yang meningkat. Segeralah sesuaikan agar pengelolaan investasi Anda tetap sesuai dengan kondisi terkini.

Demikianlah strategi yang bisa Anda terapkan, untuk mengelola investasi jangka panjang yang sudah dipilih. Terapkan, agar keuntungan yang akan diperoleh sesuai dengan yang ditargetkan.